Semakin
hari, semakin waktu perkembangan dalam dunia game berkembang sangat cepat. Mulai
dari anak – anak sampai ke orang dewasa pun sangat menyukai bermain game. Begitu
pula dengan Game Engine, para kalangan programmer sudah sangat familiar. Pembuatan
suatu game tidak akan menjadi hasil yang memuaskan jika tampilan visual kurang
menarik. Nah, game engine dapat membantu dalam pembuatan game itu sendiri. Banyak
kemudahan yang diberikan pada proses pembuatan game itu.
Bahasan
yang saya ambil pada tulisan ini adalah OGRE. Salah satu software game engine
opensource. Ada banyak hal yang dapat kita pelajari melalui software ini.
Apa sih Game Engine ?
Game Engine
adalah system perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan pengembangan
video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol
permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux,
dan Mac OS X.
Fungsionalitas
inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render (
“renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan
tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming,
manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses
pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali
mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
OGRE
singkatan dari Object-Oriented Graphics Rendering Engine merupakan salah satu
Engine Grafik yang berbasis objek. Dengan menggunakan Ogre kita dapat membuat
game dengan 3 dimensi. Ogre itu sendiri
ditulis dalam bahasa C++. Ogre menggunakan library atau pustaka Direct3D dan
OpenGL.
Sejarah Singkat OGRE
Berawal dari tahun 1999 merancang
perpustakaan yang ada API dan platform independennya.
Kemudian 25 Februari 2000
mendaftarkan proyek Sourceforge dengan nama OGRE.
Februari 2005 dirilislah Ogre
v1.0.0 “Azathoth” Rilis – resource system overhaul, hardware pixel buffers, HDR,
CEGui, XSI exporter
Maret 2005 Ogre adalah ‘Project of
the Month’ di Sourceforge
4 November 2005 Ankh dilepaskan
sebagai produk komersial pertama menggunakan Ogre
7 Mei 2006 Ogre 1.2 “Dagon” secara
resmi dirilis
25 Maret 2007 Ogre 1.4 “Eihort”
secara resmi dirilis
28 Agustus 2008 Ogre 1.6 “Shoggoth”
secara resmi dirilis (Saat ini 1.6.5 Stable Release)
31 Desember 2009 1,7 ogre RC1
“Ctchugha” secara resmi dirilis (Saat ini 1.7.0 Pre Release)
28 Februari 2010 Ogre 1.7 “Cthugha”
secara resmi dirilis (Saat ini 1.7.0 Stable Release)
Didalam OGRE ada berbagai macam
fitur yang dapat kita akses antara lain :
1. Desainnya yang Object Oriented
yaitu dengan menggunakan plugin untuk mempermudah dalam memasukkan fitur
lainnya.
2. Engine berbasis scane graph
dengan bantuan untuk sebuah varietas yang luas, octree, BSP, & Paging
Landscape scene manager.
3. Ogre adalah sepenuhnya
multi-platform, dengan OpenGL dan Direct3D dukungan. Dapat membuat konten yang
sama pada berbagai platform tanpa pencipta konten harus mempertimbangkan
kemampuan yang berbeda dari setiap platform. Hal ini mengurangi kompleksitas
menjalankan sebuah permainan pada banyak sistem. Saat ini binari pre-compiled
ada untuk Linux, Mac OS X, dan semua versi utama Windows.
4. Ogre juga mendukung program
Vertex dan Fragment shader bersama dengan adat ditulis dalam GLSL, HLSL, Cg dan
assembler.
5. The landscape scene manager /
pemandangan – pemandangan manajer untuk Progressive LOD, yang mana bisa dibuat
secara otomatis atau manual.
6. Engine animasi yang mensuport
penuh untuk multiple hardware.
7. OGRE mempunyai comositing
manager dengan bahasa script dan full screen post processing untuk efek seperti
HDR, blooming, satruation, brightness, blurring, & noise.
8. Libraries mempunyai fitur memory
debugging & loading resource dari archive-nya.
9. Tersedia konten tools untuk 3D
modeler, seperti 3D Studio Max, Maya, Blender, LightWare, Milkshape, Sketchup,
dsb
Berbagai macam game engine berbayar
ataupun gratis :
Engine Berbayar
Untuk membuat game 3D:
1. 3D Game Maker
2. 3D Game Studio
3. DarkBASIC
4. TrueVision
5. FPS Creator
6. Blade 3D
7. Source
8. Esenthel for commercial
9. Torque 3D
10. Shiva 3D
11. CryEngine
Untuk membuat game 2D:
1. RPG MAKER VX
2. RPG MAKER XP
3. Game Maker Pro
Engine Gratis
Untuk membuat game 3D:
1. Panda 3D *)
2. OGRE *)
3. Esenthel for noncommercial
4. Unity Free Edition
5. G3D *)
6. Genesis3D *)
7. FPS Creator Free Edition
8. DarkBASIC Pro Free Edition
9. Cube 2 (Sauerbraten) *)
10. Unreal Development Kit
11. Platinum Arts Sandbox *)
12. CAST II *)
13. 3D RAD Pro
14. DX Studio
15. Blender *)
16. Angel ( ini enginenya Nusantara Online) *)
**)
17. Irrlicht *)
18. id Tech (a.k.a Doom Engine, yang dipakai
membuat Doom 2) *)
19. Quake Engine (yang dipakai menggarap Quake
dan HalfLife) *)
Untuk membuat game 2D:
1. RPG MAKER 2000
2. RPG MAKER 2003
3. 001 Action/RPG Maker
4. Game maker
5. 2D Fighter Maker
6. M.U.G.E.N.
7. Adventure Maker
8. Adventure Game Studio
9. Stratagus *)
10. Battle for Westnoth *)
11. RPG Studio *) **)
12. Scirra Construct*)
Kelebihan dan Kekurangan OGRE :
Kelebihan
1. Gratis
karena opensource
2. Dapat
memilih render yang diinginkan, OpenGL atau DirectX.
3. Kemungkinan
kinerja OGRE dalam scene culling lebih baik.
4. Dapat
dirender dengan baik meskipun dengan kartu grafis bawaan Intel.
5. Mempunyai
komunitas yang besar.
Kekurangan
Hanya sebuah rendering engine tidak
dilengkapi dengan tool jaringan, suara dan lain sebagainya.
Untuk membuat perangkat lunak
Ogre3D kita harus menginstal OgreSDK terlebih dahulu. Demikian yang dapat saya
jelaskan mengenai game engine dengan contoh software OGRE. Mohon maaf bila
banyak kekurangan didalam tulisan ini. KEEP SMILE AND FIGHTING :D
Refrensi :
http://resariski.wordpress.com/2011/03/10/pengenalan-ogre/
http://ayufitriyanti.blogspot.com/2012/09/review-game-engines-ogre.html
http://akudisinidwi.wordpress.com/2012/04/10/pengertian-game-engine/
lengkap sekali kaka informasi tentang software ogre 3D, terima kasih telah sharing pengetahuannya.. ^^
BalasHapus