BLENDER
Blender adalah software 3D untuk grafis (
animasi , modeling, game dll ) yang berbasis opensource dengan User Interface
yang cukup mudah membuat software ini mudah digunakan untuk pemula sekalipun. Open
Source mempunyai 3 keuntungan yaitu:
1.
aplikasi-aplikasi
bisa didapat secara gratis tanpa biaya apapun. Ini menguntugkan karena jika
dipungut biaya maka sulit digunakan oleh UKM kecil dan menengah
2.
aplikasi
Open source mudah dijangkau dan langsung digunakan, dan
3.
Open
source membuat para progamer di Indonesia menjadi semakin kreatif.
Sepenggal sejarah, Blender dikembangkan sebagai aplikasi in-house oleh studio animasi Belanda NeoGeo dan Bukan Teknologi Nomor (NaN). Ditulis oleh Ton Roosendaal dan didirikan pada bulan Juni 1998. Untuk lebih jelas klik disini
FUNGSI
MENU – MENU PADA BLENDER
Ada
beberapa fungsi dari jendela blender
yaitu :
a.
Header: merupakan menu utama blender (terdiri dari file, add,
render, help)
b.
3D view : tampilan objek secara 3 dimensi
c.
outlines: outliner adalah struktur suatu objek atau data
d.
Properties : Panel modifikasi/parameter suatu objeK
e.
Timeline : Untuk playback animasi/video
Fungsi menu 3D view:
1. Toolbar : Toolbar
bersifat dinamis sesuai kontek dari objek atau perintah.
2. Perspektif/ortho :
Keterangan tampilan perspektif/ortho
3. Properties : Panel
properties untuk fungsi tertentu dari 3D view/objek
4. Camera : Objek kamera
untuk sudut pandang
5. Cube : Objek mesh
(kubus)
6. 3D Manipulator :
Manipulator 3D untuk geser, putar, dan skala objek
7. Lamp : Objek lampu
untuk memberi penerangan
8. Operator : Untuk
menampilkan opsi yang sedang aktif
9. Editor Type : Tipe
editor window untuk memilih fungi
10. 3D Widget : 3D
manipulator widget
11. Mode : Mode objek
untuk memperlakukan objek dalam fungsi khusus
12. Viewport Shading :
Untuk display objek
13. Pivot Point :
Digunakan untuk memilih pivot point
14. Orientation : Untuk
orintasi transformasi objek
15. Proportional Editing
: Mengolah objek secara proporsional dalam mode edit
16. Snap Element : Fungsi
snapping dalam transformasi
17. Layar : Menempatkan
objek dalam lapisan tertentu
18. Render Preview :
Rendel openGL gambar/animasi
Shortcut-shortcut, penting pada blender :
Manipulasi
Tampilan
Numpad 1 : Tampilan dari depan
Numpad 2 : Merotasi tampilan ke bawah
Numpad 3 : Tampilan dari samping
Numpad 4 : Merotasi tampilan ke samping kiri
Numpad 5 : Tampilan perspektif/orthogonal
Numpad 6 : Merotasi tampilan ke samping kanan
Numpad 7 : Tampilan dari atas
Numpad 8 : Merotasi tampilan ke atas
Shift+MMB : Menggeser tampilan (pan)
Ctrl+MMB : Zoom in/zoom out
MMB : Rotasi tampilan
C : Menempatkan tampilan ke tengah
D : Menu tampilan bounding box, shaded atau wire mode
Z : Solid/wire view
Manipulasi Objek
Space : Membuka menu toolbox
Shift+S : Snap to
Tab : Masuk ke edit mode/objek mode
RMB : Seleksi objek
G : Meng “grap” objek
A : Seleksi/melepas seluruh objek/elemen
R : Merotasi Objek
S : Scale objek/elemen
Shift+D : Copy objek/elemen
X/Del : Menghapus pilihan
M : Memindahkan objek pada layer pilihan
Ctrl+LMB: Membuat vertex baru(editing mode)
F : Membuat face baru(editing mode)
E : Extrude(editing mode)
Shift+O : Sharp/smooth falloff
W : Operasi-operasi special
B : Seleksi kotak, tahan/tekan 2 kali untuk seleksi lingkaran
U : Undo
Ctrl+P : Sharp corner (untuk curve/NURBS editing)
Ctrl+P : memparent sebuah objek pada objek objek lainnya(objek mode)
Alt+P : Menghilangkan parent dari sebuah objek
Ctrl+N : Recalculate normal, memperkirakan arah face yang benar
Animasi
I : Menampilkan menu insert key
Alt+A : Menampilkan preview animasi
Ctrl+P : Sharp corner(untuk keyframe editing pada IPO window)
Numpad 1 : Tampilan dari depan
Numpad 2 : Merotasi tampilan ke bawah
Numpad 3 : Tampilan dari samping
Numpad 4 : Merotasi tampilan ke samping kiri
Numpad 5 : Tampilan perspektif/orthogonal
Numpad 6 : Merotasi tampilan ke samping kanan
Numpad 7 : Tampilan dari atas
Numpad 8 : Merotasi tampilan ke atas
Shift+MMB : Menggeser tampilan (pan)
Ctrl+MMB : Zoom in/zoom out
MMB : Rotasi tampilan
C : Menempatkan tampilan ke tengah
D : Menu tampilan bounding box, shaded atau wire mode
Z : Solid/wire view
Manipulasi Objek
Space : Membuka menu toolbox
Shift+S : Snap to
Tab : Masuk ke edit mode/objek mode
RMB : Seleksi objek
G : Meng “grap” objek
A : Seleksi/melepas seluruh objek/elemen
R : Merotasi Objek
S : Scale objek/elemen
Shift+D : Copy objek/elemen
X/Del : Menghapus pilihan
M : Memindahkan objek pada layer pilihan
Ctrl+LMB: Membuat vertex baru(editing mode)
F : Membuat face baru(editing mode)
E : Extrude(editing mode)
Shift+O : Sharp/smooth falloff
W : Operasi-operasi special
B : Seleksi kotak, tahan/tekan 2 kali untuk seleksi lingkaran
U : Undo
Ctrl+P : Sharp corner (untuk curve/NURBS editing)
Ctrl+P : memparent sebuah objek pada objek objek lainnya(objek mode)
Alt+P : Menghilangkan parent dari sebuah objek
Ctrl+N : Recalculate normal, memperkirakan arah face yang benar
Animasi
I : Menampilkan menu insert key
Alt+A : Menampilkan preview animasi
Ctrl+P : Sharp corner(untuk keyframe editing pada IPO window)
Keuntungan, dari blender itu
sendiri antara lain, yaitu:
1.
Interface yang user friendly dan tertata rapi.
2.
Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap
3.
Texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya,
scripting,
4.
Rendering, compositing, post production dan game creation.
5.
Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender
3D
6.
Bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, freebsd, Irix,
Sun dan sistem operasi yang lainnya.
8.
Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan
dengan lebih
9. Free
dan Kapasitas kecil.
- Elephants Dream
2. Sintel
3.
Big
Buck Bunny
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar