Rabu, 13 April 2011

MANUSIA DAN PENDERITAAN



Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya  menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Ini merupakan suatu perwujudtan ekspresi dari suatu rasa yang cukup membebani. Dengan adanya penderitaan dibutuhkan cara agar dapat mengobati derita yang seseorang.
          Penderitaan bisa terjadi pada lahir dan bathin. Penderitaan fisik dapet terlihat dengan mata seperti luka tergores pisau atau pun luka terjatuh dari kendaraan bermotor. Penderitaan yang seperti ini dapat dilakukan pengobatan secara medis. Mungkin dengan cara memberikan obat pada luka. Tetapi jika terdapat penderitaan pada bathin maka cara mengobati hanya dengan cara menasehati atau member saran pada si penderita. Penderitaan yang seperti ini dapat ditimbulkan akibat siksaan.
          Kekalutan mental merupakan rasa takut yang teramat sangat menghantui suatu perasaan seseorang. Bila seseorang sedang mengalami kekalutan mental gampang sakit, cepat marah, ketakutan dan banyak lagi lainnya. Banyak sebab yang mengakibatkan timbulnya kekalutan mental bisa dari kurang sepurnanya keadaan jasmani dan rohani seseorang tersebut.
          Jika seseorang yang ditakdirnya memiliki kekurangan pada fisiknya ada sebagian orang saja yang dapat menerimanya dengan lapang dada atau menerimanya dengan tangan terbuka. Tetapi ketika si penderita tidak menerimanya maka masalah lain pasti akan banyak bermunculan. Kekalutan yang terjadi pada hal seperti ini umunya terjadi ketika si penderita adalah frustasi dengan semua keadaan yang ada.
Dengan rasa frustasi ini efek yang ditibulkan pasti berbagai macam, seperti dengan menutup diri dari umum. Dan banyak lagi hal lainnya yang ditimbulkan oleh kekalutan mental. Semuanya kembali lagi kepada dirinya sendiri. Jika si penderita merasa kuat pasti kekalutan mental itupun akan sembuh dengan sendirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar