Rabu, 13 April 2011

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN



            Banyak unsure yang saling terkait pada manusia yaitu terdapat Jasad. Jasad merupakan perwujudtan real yang ada pada manusia. Jasad manusia itu dapat dilihat dan diraba dan dapat menempati ruang dan waktu. Ditambah dengan Hayat, Ruh, dan Nafs. Ketika salah satu dari keempatnya ini terganggu pasti diri manusia itu akan mengalami permasalahan. Maka dari itu dari keempatnya harus saling berikatan dengan baik.
            Manusia  sendiri juga memiliki kepribadian. Kepribadian itu sendiri memiliki beberapa unsure seperti : Id, Ego, Superego. Keterkaitan dari ketiganya sangat mempengaruhi perilaku manusianya itu sendiri. Tanpa Id, ego dan superego tidak akan berjalan sesuai dengan keinginan si manusianya itu sendiri.
Hakekat Manusia :
1.    Mahluk ciptaan Tuhan yagn terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh
2.    Mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, jika dibandingkan denan mahluk lainnya
3.    mahluk biokultural yaitu mahluk hayati yagn budayawi
4.    Mahluk Ciptaan Tuhan yagn terkait dengan lingkungan, mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja  dan berkarya
Kebudayaan merupakan suatu bentuk ekspresi dri kumpulan kebiasaan – kebiasaan yang dilakukan kumpulan manusia ataupun masyarakat yang saling keterkaitan antara masyarakat yang satu dengan masyarkat yang lainnya. Yang menghailkan suatu kesepakatan yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya.
Bertitik tilah dari sistem inilah maka kebudayaan paling sedikit memiliki 3 wujud antara lain :
1.    wujud sebagai suatu kompleks dari ide, gagasan, norma, peraturan dan sejenisnya. Ini merupakan wujud ideal kebudayaan. Sifatnya abstrak, lokasinya aa dalam pikiran masyarakat dimana kebudayaan itu hidup
2.    kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat
3.    kebudayaan sebagai benda hasil karya manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar