Sabtu, 05 Oktober 2013

NETWORK FORENSIC (FORENSIK JARINGAN)

EMAIL FORENSIC
Dari sudut pandang forensik, e-mail dengan sistem client/server memudahkan dalam menemukaninformasi (untuk kepentingan analisis) karena semua pesan di-download, dandisimpan dalam komputer lokal. Dengan mendapatkan akses ke komputer lokal, makaanalisis terhadap e-mail akan jauh lebih mudah. Dua bagian e-mail yangdijadikan sumber pengamatan adalah header dan body. Yang paling umum dilihatdari sebuah header adalah From (nama dan alamat pengirim yang mudah untukdipalsukan), To (tujuan yang juga dengan mudah disamarkan), Subject and Date(terekam dari komputer pengirim, namun menjadi tidak akurat jika tanggal danjam pada komputer pengirim diubah). Untuk mendapatkan informasi yang lebihdetail, header pada e-mail perlu diekstrak. Dari header tersebut bisadidapatkan informasi IP Lokal dari pengirim, ID unik yang diberikan oleh servere-mail, dan alamat server pengirim.
Umumnya,software e-mail client/server (seperti Ms.Outlook, Eudora, atau ThunderBird)telah menyediakan fasilitas untuk melihat header secara lengkap, namun beberapasoftware forensik mampu membaca dan mengekstraksi header untuk keperluananalisis lebih lanjut seperti EnCase atau FTK. Dengan software forensik ini,analisis untuk melakukan pencarian, ekstrak header, pencetakan ke printer, danpengelompokkan e-mail menjadi lebih mudah dilakukan.
Lalu, bagaimanadengan investigasi untuk web-based e-mail, seperti Yahoo! atau Gmail? E-mailyang pernah terbaca melalui web browser, tentunya tidak disimpan di komputerlokal seperti halnya e-mail dengan sistem client/server. Ketika e-mail dibacapada sebah komputer, sistem operasi meng-cache isi website tersebut padaharddisk. Cara terbaik untuk melacak setiap e-mail yang pernah terbaca adalahmelalui area temporary file seperti file swap atau file cache, atau jikatemporary file telah terhapus, pelacakan dapat difokuskan pada area tempatlokasi file temporary sebelum dihapus.

Ektraksi untukmelakukan ini akan membutuhkan lebih banyak usaha dibandingkan ekstraksi dengansistem client/server, karena penelusuran difokuskan untuk mencari file HTML diantara kumpulan ratusan atau mungkin ribuan halaman-halaman HTML. Softwareforensik seperti FTK atau EnCase dapat berguna untuk mempercepat pencarian.Misalkan mencari suatu pesan yang mengandung wc.warl3x@gmail.com, maka tekstersebut dapat dimasukkan sebagai dasar pencarian pada sebuah softwareforensik, dan diatur agar pencarian dilakukan hanya untuk file HTML. Softwareforensik akan menjelajah isi harddisk, dan berusaha menemukan file (ataupotongan file) dengan kriteria yang telah disediakan.

Untuk Materi dan Melanjutkan Materi, Baca Materi Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar