Tugas pada pertemuan
ketiga kali ini saya akan menjelaskan atau menjawab dari beberapa pertanyaan
yang telah diajukan, pertanyaan-pertanyaan ini membahas mengenai Interactive
System. Apa itu Interactive System ?Interactive System adalah Sebuah sistem yang dirancang atau
dibuat untuk menghasilkan sebuah informasi interaktif baik berupa pendidikan,
teknologi, hiburan, dan lain lain. Peran utama yang sangat mempengaruhi Sistem
Interaktif ini ialah user (pengguna).
Mungkin
langsung saja menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan oleh dosen
softskill.
1.
Interactive Entertainment
Jelaskankonsepdari
Interactive Entertainment !
Pengertian
dari Interactive Entertainment ialah sebuah interaktif yang bertujuan dalam
membuat sebuah produksi dan memberikan layanan yang bersifat menghibur
(entertainment) kepada pengguna sehingga mereka dapat langsung merespon dengan
cara memberikan umpan balik.
Sedangkan,
konsep dari Interactive Entertainment ialah memberikan informasi informasi
berupa kombinasi dati teks, gambar, gambar bergerak (animasi), video yang telah
diberi kemampuan untuk mengatur atau mengontrol elemen elemen yang telah dibuat
atau yang telah ada sehingga pengguna dapat dengan mudah berinteraktif dengan
informasi informasi tersebut.
2.
Interactive Programs
Hal-halpenting
yang harusdiperhatikandari interactive programs adalahdarisegi user
&programnya. Jelaskanperan user & program aharterbentukkomunikasi yang
mudahdipahami user !
Interactive
programming adalah prosedur penulisan bagian dari sebuah program ketika sudah
aktif. Ini berfokus pada teks program sebagai antarmuka utama untuk proses yang
berjalan, bukan sebuah aplikasi interaktif, di mana program ini dirancang dalam
siklus pengembangan dan untuk digunakan sesudahnya. Hal penting yang harus
diperhatikan dari interactive programs adalah dari segi user dan programnya.
Keterlibatan user dalam sebuah program ialah sangat dibutuhkan. Karena alasan
dibuatnya program adalah untuk memenuhi kebutuhan user yang berasal dari
permintaan user. Komunikasi antara user dan program akan terwujud dengan adanya
GUI yang dibangun pada program tersebut.
3.
Salah satu pendukung interactive system adalah adanya GUI (Graphical User
Interface).
Apa
fungsi dari GUI?
Adapun beberapa fungsi
dari GUI, diantaranya sebagai berikut :
§ Memiliki fungsi sebagai plug and play,
yang mana memudahkan user dalam menginstall dan uninstall
hardware/sofware (sinkronisasi)
§ Membuat software-software yang menuntut aplikasi
dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses
seperti menulis text, spreadsheet. sound, graphic dan lain-lain
§ Untuk digunakan dalam pembuatan System
Operasi sebagai User friendly dan ergonomis
§ Pembuatan website
§ Opensource software/hardware atau
pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.
4. Sebutkan,
jelaskan, dan berikan gambar dari komponen-komponen GUI !
1. Label
label berfungsi untuk
menuliskan sesuatu di frame yang kita buat, nama default JLabel
2. Button
Button digunakan untuk
mengeksekusi sebuah perintah, jika button di pencet maka proses akan berjalan,
nama default JButton
3. Text Field
Text Field marupakan
salah satu cara untuk mengisikan suatu inputan dalam program, nama
default JTextfield
4. Text Area
Text Area biasanya
digunakan untuk menampilkan hasil output dari program, nama default JTextarea.
5. Combo box
Combo Box merupakan salah
satu cara inputan juga. jika combo box di pencet, maka akan keluar berbagai
pilihan untuk di proses, nama default JCombobox.
6. Radio button
radio button juga salah
satu cara inputan dalam program, tetapi dalam penggunaannya berbeda dengan
combo box, radio button digunakan jika pilihan yang di sediakan sedikit, maka
akan lebih efektif jika menggunakan radio button, berbeda dengan combo box yang
hjerus click 2 kali untuk memilih, radio button cukup sekali pilihan, dan hanya
boleh satu pilihan yang di pilih, maka digunakan radio button group agar hanya
satu yang bisa di pilih, nama default JRadiobutton.
7. Check box
Check box juga merupakan salah
satu cara inputan, mirip dengan radio button, tetapi check box memperbolehkan
user untuk memilih lebih dari satu pilihan, jadi check box di gunakan untuk
menjawab petanyaan yang memperbolehkan lebih dari satu jawaban, nama defaultnya
jCheckbox.
5. Event
merupakan suatu kejadian yang terjadi karena adanya interaksi user dengan
komponen-komponen GUI. Tanpa event, peran GUI tidak akan berjalan.
Sebutkanmacam-macam event
untukkomponen-komponen GUI (minimal 5) !
§ Event Source Komponen GUI yang membuat event atau tempat terjadinya
event.yaitu berupa komponen-komponen visual, seperti : button, combo box, text
field, etc.
§ Event Model Interaksi antara user dan
komponen GUI. Untuk mendeskripsikan bagaimana program merespon interaksi user
terdapat bagian-bagian penting yaitu event source dan event listener / Handler.
§ Event Listener Objek penerima & pengolah event. Menerima dan menangani event,
mengandung business logic. Contoh: menampilkan informasi penting ke user,
melakukan komputasi matematis, dan lain sebagainya.
§ Event Object Objek yang terbentuk saat terjadi event. Yaitu ketika user
berinteraksi dengan komponen GUI. Seperti : tekan button, ketik di text field,
dll.
§ Event Handler Event Handler berupa blok method dari listener yang menentukan
proses selanjutnya setelah komponen mendapatkan event. Misalkan pada event
tombol simpan ditekan, event listener akan menangkap event pada Event Source
tombol Simpan, kemudian Event Handler akan menyimpan data yang akan
didefenisikan pada blok Event Handler.
6. Jelaskan
mengenai event dalam konsep struktur interactive program !
mengenai evet dari
standard programming dengan interactive programming memiliki perbedaan dimana
pada interactive programming, dalam menyelesaikan masalah yang perlu penambahan
algoritma, program dapat terus dijalankan tanpa harus dihentikan selama
penulisan ulang dari program, berbeda dengan standard programming.
Kelompok :
Dewi Yulia Ningsih
Sylvia Syamrotul L
M. Asrawi
sumber :
http://saidsanklaksana.blogspot.com/2013/04/komponen-komponen-gui-pada-java.html
http://www.docstoc.com/docs/78201016/pemrograman-GUI
http://docs.oracle.com/javase/tutorial/uiswing/components/combobox.html
http://nryulia.staff.gunadarma.ac.id/
http://asrocka.wordpress.com/2013/06/21/softskill-bulan-ke-3/
Dewi Yulia Ningsih
Sylvia Syamrotul L
M. Asrawi
sumber :
http://saidsanklaksana.blogspot.com/2013/04/komponen-komponen-gui-pada-java.html
http://www.docstoc.com/docs/78201016/pemrograman-GUI
http://docs.oracle.com/javase/tutorial/uiswing/components/combobox.html
http://nryulia.staff.gunadarma.ac.id/
http://asrocka.wordpress.com/2013/06/21/softskill-bulan-ke-3/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar